29

Website itu terdiri dari 2 komponen utama, yakni domain dan hosting. Sementara tak mungkin kita membayar domain secara bulanan, namun untuk hosting justru malah banyak yang menawarkannya.

Pasalnya, domain sangatlah murah dan bisa kita sewa dengan harga kurang dari 100 ribuan saja per tahun (kurang 200 ribuan untuk vendor dalam negeri).

Sementara hosting tergantung dari paket yang kamu sasar. Soalnya, hosting itu dibedakan ke dalam 3 jenis, yakni shared, VPS, dan Dedicated.

Belum lagi spesifikasi yang harus disesuaikan, dan teknologi HDD atau NVME yang bisa kita pilih sesuka hati.

Semua faktor tersebut akan mempengaruhi daripada harga hosting itu sendiri. Untungnya untuk para pebisnis start-up yang merasa bahwa pembelian hosting tahunan cenderung kemahalan, maka bisa sewa bayar bulanan!

Saat kita mencoba menghubungi penyedia jasa pembuatan website murah pun, kita bisa meminta mereka untuk menyewa hosting dengan spek tertentu dan pembayaran secara bulanan.

Bulanan vs Tahunan

Namun secara matematisnya, pembayaran bulanan jatuhnya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan tahunan.

Rata-rata pembayaran bulanan lebih mahal antara 20-30%. Namun keuntungannya bisa digunakan untuk mengetes pasar, mencoba mengembangkan bisnis secara bertahap, atau sekedar belajar bikin website.

Selain itu, kita pun dapat mengetes dulu mengenai performa daripada hosting itu sendiri. Biasanya akan terasa sesak di dada jika seandainya kita membeli tahunan namun performanya begitu jelek.

Manfaat Sewa Hosting Bulanan

Memilih penyedia hosting itu untung-untungan. Tidak bisa semata-mata kita menilainya dari sisi besaran ruang penyimpanan yang mereka sediakan.

Ada beberapa faktor lain yang harus kamu perhatikan, termasuk uptime dan sekuriti dari hosting tersebut.

Tak mau kan website kita selalu down setiap saat? Apalagi mudah di-hack oleh orang mengerikan yang mencuri semua data pelanggan kita.

Salah satu manfaat terbesar dengan menyewa hosting bulanan adalah memungkinkan kita melakukan testing.

Kita bisa kumpulkan beberapa vendor kemudian beli satu bulan di masing-masing vendor tersebut.

Catat hasil penelitian tersebut dan pilihlah hosting yang rata-rata memiliki harga murah dan performa terbaik.

Website Murah Bayar Bulanan, Pas Untuk Testing dan Riset

Navigasi pos