Tips Mudah Membiasakan Sarapan Sehat Untuk Anak

Sarapan sehat untuk anak sangat penting karena dapat memenuhi asupan makanan setelah tidak minum dan makan semalaman. Memenuhi gizi saat sarapan pagi sangat bagus untuk menunjang anak ketika menjalani aktivitas hariannya.

Banyak manfaat sarapan yang bisa diperoleh. Misalnya menambah energi. Selain itu juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga membuat mereka tidak gampang sakit.

Selain itu juga bagus untuk meningkatkan konsentrasi anak ketika menerima pelajaran di sekolah. Anak yang mempunyai kebiasaan sarapan juga mempunyai berat badan stabil.

Artinya membuat anak bisa terhindar dari resiko obesitas. Sayangnya anak jarang yang enggan mau sarapan. Inilah yang membuat orang tua pusing tujuh keliling.

Tips Membiasakan Sarapan Sehat Untuk Anak

Bagi orang tua yang memiliki anak seperti itu tidak usah khawatir. Karena ada tips agar membiasakan anak sarapan sehat. Berikut beberapa tips yang dapat diikuti :

1. Mulai porsi sarapan kecil terlebih dahulu

Ketika melihat porsi sarapan yang terlalu banyak, banyak anak yang langsung tidak berminat untuk sarapan. Sebagai permulaan, disarankan memberi anak sarapan dalam porsi kecil terlebih dahulu.

Misalnya memberi anak beberapa potong buah-buahan atau selembar roti gandum. Memberi selai kacang dengan semangkuk sereal juga sangat bagus untuk mengenalkan anak pada sara cukup untuk membuatnya mulai mengenal sarapan.

2. Berikan makanan sehat ketika sarapan

Saat memberi anak sarapan, usahakan memilih menu makanan yang sehat. Contohnya yang paling disarankan di sini adalah buah-buahan, roti gandum, makanan berbahan serealia hingga susu sapi ataupun susu almond.

Tidak disarankan memberi anak makanan siap saji ataupun makanan gorengan. Hal tersebut karena makanan ini punya kandungan tinggi lemak serta rendah nutrisi. Tidak cocok untuk menu sarapan rutin.

3. Berikan menu yang bervariasi

Saat sarapan, sebisa mungkin menghindari menu sarapan yang monoton atau sama setiap harinya. Hal tersebut membuat anak tidak mood untuk sarapan karena sudah bosan dengan menu saat itu.

Buatlah menu sarapan mingguan yang lebih bervariasi. Contohnya, hari ini Mom’s bisa memberikan roti gandum yang ditambahkan dengan selai buah. Keesokan harinya sajikan sereal dengan menambah potongan buah segar.

4. Selingi dengan memberikan asupan kaya nutrisi

Moms juga dapat memberi secangkir yoghurt ataupun campuran  susu dan buah-buahan. Tak ada salahnya jika semua bahan tersebut diblender untuk dijadikan sebagai smoothie.

Tujuannya agar anak-anak lebih tertarik dan ingin menyantap menu sarapan yang sudah dihidangkan. Selain bergizi dan kaya nutrisi, menu di atas juga sangat sederhana dan simpel untuk dibuat.

Sarapan sehat untuk anak sangat penting karena mendukung daya kembang anak serta membuat anak bisa beraktifitas dengan baik sepanjang hari. Jadi mulai sekarang biasakan anak sarapan terus di pagi hari.

Tips Mudah Membiasakan Sarapan Sehat Untuk Anak

Navigasi pos