dokter gigi profesional di jogja

Melakukan perawatan whitening gigi Jogja dapat menjadikan senyum Anda lebih cerah seketika karena prosesnya yang cepat dengan hasil optimal. Namun ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga warna putih gigi setelah perawatan. Anda disarankan untuk menghindari konsumsi makanan dan minuman berwarna gelap seperti blackcurrant, kopi hitam, teh, dan tembakau atau rokok karena dapat meninggalkan noda pada gigi. Anda juga perlu menghindari makanan yang menggunakan kecap dan kunyit. Banyak makanan yang direkomendasikan oleh dentist jogja untuk pasca perawatan gigi. Lalu makanan apa yang baik untuk dikonsumsi setelah pemutihan gigi?

Daftar Makanan Yang Baik Dimakan Setelah Perawatan Whitening Gigi Jogja

Ada beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi pasca melakukan perawatan whitening gigi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

  • Apel

Apel mengandung asam malat yang bermanfaat untuk membersihkan gigi dari noda.

  • Seledri

Saat mengunyah seledri, selulosa berseratnya bekerja layaknya sikat gigi dan dapat membersihkan noda-noda yang menempel pada gigi.

  • Wortel

Wortel mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk memperkuat lapisan enamel gigi.

  • Nanas

Nanas juga mengandung bromelain yaitu enzim yang digunakan dalam pasta gigi yang dapat membantu menjaga gigi tetap bersih. Bromelain dapat ditemukan dalam sari nanas maupun batang nanas.

  • Jeruk

Makanan yang memiliki tingkat keasaman tinggi memang dapat merusak permukaan gigi. Namun enzim asam dalam buah jeruk ini tidak bersifat abrasif dan bermanfaat untuk membunuh bakteri dalam mulut.

  • Susu dan produk turunannya

Kandungan asam laktat pada produk susu dapat melindungi gigi dari kerusakan. Susu mengandung kalsium yang dapat memperkuat enamel dan menurunkan risiko pengikisan. Selain susu, produk turunannya yaitu keju cheddar berguna dalam membersihkan sisa makanan pada gigi. Keju juga mengandungi protein casein yang bisa dapat memerkuat dan mencegah kerusakan enamel sehingga warna putih gigi dapat bertahan lama.

  • Brokoli

Kandungan serat yang tinggi dalam brokoli bersifat antiinflamasi sehingga dapat membantu mengurangi peradangan. Brokoli juga mengandung kandungan zat besi yang dapat melindungi gigi dari asam akibat adanya bakteri dalam mulut.

  • Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa tiosulfinat yang dapat membantu mencegah munculnya plak pada gigi.Untuk menjaga hasil perawatan whitening gigi Jogja tetap awet dan tahan lama, Anda dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air putih. Air putih dapat menetralkan keasaman dalam rongga mulut yang berpotensi merusak gigi. Anda juga dapat berkumur dengan air hangat setelah makan untuk mengurangi sisa makanan pada gigi untuk mencegah pembentukan plak dan karang gigi. Whitening gigi umumnya menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif. Maka dari itu, gunakan pasta gigi khusus untuk mengurangi sensitivitasnya.