jenis jenis keputihan berdasarkan warna serta faktor penyebabnya

Keputihan adalah sesuatu hal yang merupakan kejadian normal dengan siklus tertentu. Namun, ada beberapa jenis keputihan yang dapat mengindikasikan terjadinya infeksi. Keputihan yang tidak normal mungkin berwarna kuning atau hijau, konsistensinya lebih kental, atau disertai berbau yang tidak sedap.

Infeksi bakteri yang sering disebabkan oleh bakteri vaginosis ini biasanya yang menyebabkan keputihan tidak normal. Jika Anda sedang mengalami keputihan dan melihat ada cairan atau lendir yang terlihat tidak biasa bahkan disertai bau yang tidak sedap maka segeralah temui dokter untuk melakukan diagnosis dan perawatan lebih lanjut.

Jika berdasarkan warna cairan atau lendir yang dikeluarkan, ada beberapa jenis keputihan yang berbeda-beda. Jenis ini dikategorikan berdasarkan warna dan konsistensinya. Beberapa jenis keputihan adalah normal dan beberapa lendir keputihan yang berwarna dan lebih kental mungkin menunjukkan kondisi yang tidak normal sehingga memerlukan perawatan khusus.

Warna Putih Susu

Muncul sedikit lendir keputihan terutama pada awal atau akhir siklus menstruasi Anda merupakan sesuatu yang normal. Namun, jika keputihan disertai dengan rasa gatal dan memiliki konsistensi atau tampilan yang kental seperti warna keju itu mungkin tidak normal dan memerlukan perawatan. Jenis keputihan seperti ini mungkin merupakan tanda-tanda infeksi jamur.

Warna Bening dan berair

Keputihan yang jernih dan berair merupakan jenis yang termasuk kategori normal. Itu bisa terjadi kapan saja sepanjang bulan. Ini sangat mungkin terjadi pada saat setelah melakukan berolahraga berat.

Warna Bening dan Elastis

Ketika cairan bening tetapi bentuknya agak padat dan melar mirip seperti lendir bukan encer, tanda-tanda ini menunjukkan bahwa Anda kemungkinan sedang berovulasi dan ini juga termasukjenis keputihan yang normal.

Warna Coklat atau berdarah

Keputihan berwarna coklat atau berdarah biasanya normal, terutama bila terjadi selama atau tepat setelah siklus bulanan menstruasi Anda. Keputihan yang terlambat di akhir periode Anda bisa terlihat coklat, bukan merah. Anda juga mungkin mengalami sedikit keluarnya darah di antara periode menstruasi.

Jika bercak munculnya selama waktu normal periode Anda dan ketika itu Anda baru saja berhubungan seksual tanpa perlindungan, ini bisa menjadi tanda kehamilan. Bercak selama fase awal kehamilan bisa menjadi tanda keguguran, jadi harus didiskusikan dengan dokter alhli kandungan.

Dalam kasus yang jarang terjadi, keputihan berwarna coklat atau berdarah bisa menjadi tanda terjadinya kanker endometrium atau serviks. Bisa jadi masalah lain seperti fibroid atau pertumbuhan abnormal lainnya. Inilah mengapa penting untuk mendapatkan pemeriksaan secara mendalam. Dokter ahli ginekolog yang dapat memeriksa kelainan serviks selama prosedur ini.

Kuning atau hijau

Keputihan berwarna kuning atau hijau, terutama jika kental, kental, atau disertai bau yang tidak sedap, ini bukanlah keputihan yang normal. Jenis keputihan ini mungkin merupakan tanda terjadinya infeksi trikomoniasis. Infeksi ini biasanya terjadi melalui hubungan seksual. Jadi setelah mengetahui jenis-jenisnya barulah cara mengatasi keputihan yang benar biasa anda lakukan. Untuk perawatan lebih lanjut silahkan konsutasi dengan dokter Anda.

Jenis Jenis Keputihan Berdasarkan Warna serta Faktor Penyebabnya

Navigasi pos