install windows 10 dengan flashdisk

Screenshot 29

Banyak orang yang lebih suka menggunakan flashdisk sebagai media instalasi daripada menggunakan keping DVD. Alasan pertama mungkin karena notebook mereka tidak dilengkapi CD drive atau DVD drive PC mereka rusak. Dan alasan yang kedua mungkin karena flashdisk lebih simpel.

Untuk melakukan install windows 10 dengan flashdisk, terlebih dahulu anda harus menjadikan flashdisk anda bootable. Ada banyak aplikasi atau program yang bisa anda gunakan untuk menjadikan flashdisk anda bootable, tapi program yang paling saya rekomendasikan adalah Rufus.

Program ini sudah saya gunakan sejak lama, dan selama saya menggunakannya tidak pernah ada masalah dan overall program ini dapat diandalkan untuk membuat flashdisk bootable.

Untuk langkah persiapan, kamu bisa ikuti dulu tutorial cara install Windows 10 original dengan flashdisk menggunakan Rufus yang sudah saya ulas lengkap di bawah ini

  1. Pastikan kamu memiliki mentahan file Windows 10 berformat .iso
  2. File .isoini juga bisa digunakan sebagai cara install ulang Windows 10 dengan DVD selama kamu bisa burn file tersebut ke dalam DVD.
  3. Download softwareRufus
  4. Setelah mentahan Windows 10 dan Rufus diunduh, letakkan pada folderyang nantinya mudah kamu jangkau dan cari.
  5. Buka softwareRufus untuk pertama kali hingga terbuka jendela
  6. Kemudian, kamu klik tombol SELECTdan pilih file mentahan Windows 10 dalam format .iso
  7. Klik Openuntuk memilih mentahan Windows 10 dan selanjutnya akan diproses oleh software
  8. Pilih pengaturan sebagai berikut, Image option: Standard Windows Installation, Partition scheme: GPT, dan Target system: UEFI (non CSM).
  9. Lakukan pengaturan Format Options sebagai berikut, Volume label: tidak perlu diganti, File system: FAT32, Cluster size: Default
  10. Jika semua pengaturan sudah sesuai, terakhir kamu tinggal klik tombol START.
  11. Pastikan kamu sudah melakukan back-up datakarena Rufus akan memberikan peringatan untuk melakukan format pada flashdisk yang digunakan. Kalau sudah yakin, klik OK.
  12. Proses pembuatan flashdisk bootableWindows 10 tengah berjalan. Di sini kamu tinggal tunggu prosesnya hingga selesai yang memakan waktu beberapa menit saja.
  13. Terakhir, jika sudah selesai dan siap digunakan, indikator bawah akan berwarna hijau dan bertuliskan READY.
  14. Kamu tinggal klik tombol CLOSEuntuk menutup jendela Rufus dan eject flashdisk kamu dari PC atau laptop.