Ini Cara Membuat Latte Art dengan Bahan Sederhana

Latte art merupakan seni penyajian kopi yang dilakukan dengan menuang foam atau busa susu ke dalam espresso. Proses ini dilakukan untuk menghasilkan pola gambar tertentu di bagian permukaan kopi. Cara membuat latte art itu sendiri juga tidaklah mudah karena membutuhkan keterampilan dan latihan. Kali ini akan dibahas seperti apa cara pembuatan latte art dengan memakai bahan-bahan yang sederhana.

1. Gunakan Peralatan yang Ada

Sebenarnya proses pembuatan latte membutuhkan alat-alat yang sederhana. Untuk membuat espresso-nya Anda bisa memakai mesin kopi yang ada di rumah baik mesin kopi manual maupun otomatis. Intinya alat yang digunakan harus bisa menghasilkan secangkir espresso yang baik karena espresso ini nantinya akan dipakai sebagai base dari latte art Anda.

Kemudian siapkan juga microwave karena nantinya alat ini akan dipakai untuk memanaskan busa susu yang sudah dibuat. Sementara itu untuk peralatan lainnya bisa menyesuaikan dengan yang ada di rumah. Anda bisa melakukan modifikasi dengan kreativitas yang Anda miliki agar peralatan yang tersedia bisa dimanfaatkan secara optimal.

2. Siapkan Bahan-Bahan

Perlu diketahui bahwa bahan untuk membuat latte art itu sendiri sangatlah sederhana. Bahan yang dibutuhkan tentu saja kopi untuk menghasilkan espresso. Setelah itu siapkan juga susu untuk menghasilkan cappucino yang enak. Pilihlah jenis kopi dan susu terbaik yang rasanya paling cocok di lidah Anda. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan bahan tambahan seperti kayu manis atau serbuk cokelat untuk ditaburkan di atas kopi.

3. Sajikan Base

Setelah semuanya siap maka cara membuat latte art berikutnya adalah siapkan base untuk latte art. Base yang dimaksud di sini adalah espresso. Pembuatan espresso itu sendiri sangat mudah asalkan Anda mengetahui perbandingan air dan kopi yang tepat. Gunakan mesin kopi yang tepat untuk menghasilkan espresso tersebut.

Pemakaian mesin kopi otomatis tentu akan lebih mempermudah Anda menghasilkan espresso yang enak. Namun jika tidak tersedia mesin kopi otomatis, Anda bisa menggunakan mesin yang manual. Pada dasarnya mesin kopi otomatis atau manual sama-sama bisa dimanfaatkan secara efektif untuk membuat espresso yang enak.

4. Sajikan Cappuccino

Jika base sudah siap, maka berikutnya persiapkan cappucino. Buatlah foam susu dengan cara mengocok susu sampai berbusa lalu masukkan ke dalam microwave selama 30 detik sampai 1 menit. Setelah itu tuangkan foam susu tadi ke dalam espresso secara perlahan. Jangan mengangkat pitcher terlalu jauh atau dekat. Lalu jangan menuangkan susu terlalu lambat agar tidak terlihat terpisah dan tidak menghasilkan gelembung udara pada permukaan kopi.

Cara membuat latte art ini bisa segera dipraktikkan di rumah. Mungkin akan sulit untuk percobaan pertama maupun kedua. Namun jika sering berlatih pasti akan semakin lancar membuat latte art yang bagus dan rasanya enak.

Ini Cara Membuat Latte Art dengan Bahan Sederhana

Navigasi pos