Ide Masakan Bergizi untuk Mengatasi Anak yang Susah Makan

Anak yang susah makan memang sudah wajar terjadi. Ada banyak faktor penyebab anak susah makan, entah dari faktor internal maupun faktor eksternal. Contoh dari faktor internal yaitu karena sakit, alergi, dan lain sebagainya yang mengganggu tubuh si anak. Lalu, untuk faktor eksternal contohnya adalah karena lingkungan yang mengganggu si anak, anak terlalu sibuk bermain, ataupun masakan yang kurang disukai anak.

Jika anak susah makan karena makanan yang diberikan ibunya kurang disukai atau tidak sesuai selera anak, ibu perlu memutar otak agar bisa menyajikan makanan yang dapat menggugah selera anak. Itulah cara mengatasi anak yang susah makan secara tepat. Nah, agar para ibu tidak bingung, berikut ini disajikan beberapa inspirasi ide masakan yang mungkin disukai oleh si kecil. Tentunya juga dengan mempertimbangkan asupan nutrisi yang terkandung agar anak tetap tumbuh kembang dengan baik. Simak penjelasan di bawah ini.

Masakan Bergizi yang Disukai Anak-Anak

1. Bola-Bola Kentang

Makanan itu tentu berbahan dasar kentang, hanya saja perlu tambahan adonan tepung, agar menjadi lebih krispi. Makanan ini bisa menjadi makanan utama dan juga cemilan bagi anak. Kentang yang mengandung karbohidrat tinggi sangat baik untuk memberikan energi pada anak. Terlebih lagi jika ditambah dengan campuran sayur tentu akan lebih bergizi lagi.

2. Chicken Katsu

Ini merupakan salah satu menu yang digemari banyak orang, terlebih lagi anak-anak. Dengan ayam tanpa tulang, membuat chicken katsu semakin disenangi anak-anak. Makanan ini mengandung protein tinggi yang berasal dari bahan utamanya. Sebagai pelengkap, chicken katsu dapat disandingkan dengan sayur mayur agar lebih sehat.

3. Nugget

Seringkali nugget memang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran, dalam bentuk kemasan. Namun, tentu lebih sehat jika membuat nugget sendiri dengan bahan-bahan kualitas baik dan pastinya tidak banyak mengandung pengawet. Nugget dapat dibuat sendiri dengan berbagai kreasi, tidak harus menggunakan daging. Tetapi juga bisa menggunakan sayuran dan tahu yang lebih sehat dan tentu lebih ekonomis. Nugget ini bisa menjadi cemilan sehari-hari bagi si kecil dan juga lauk untuk makan.

4.  Bento

Bento merupakan istilah bekal makan siang khas Jepang. Bento ini bisa menjadi makanan kesukaan anak jika dihias dengan unik. Misal karakter kartun yang disukai anak-anak. Isian bento juga bisa disesuaikan dengan keinginan, mulai dari nasi, sayur, lauk, bahkan buah sekalipun. Tampilan yang lucu tentu akan disukai anak-anak.

Makanan bagi anak memang perlu dibuat semenarik mungkin agar menggugah selera makan si kecil. Dengan begitu makannya akan lahap dan gizinya terpenuhi dengan baik. Tentu sangat senang bila si kecil sehat dan bisa tumbuh dengan baik. Jadi, para ibu janganlah malas untuk berkreasi membuat menu masakan yang unik dan enak agar si kecil suka. Melalui ide masakan di atas, semoga bisa menginspirasi para ibu menciptakan makanan yang enak dan pastinya sehat bagi buah hati.

Ide Masakan Bergizi untuk Mengatasi Anak yang Susah Makan

Navigasi pos