gambar unggulan

Cara budidaya ikan guppy terbilang gampang-gampang susah. Apalagi jika kita menjalankannya untuk usaha yang menghasilkan tentunya perlu mengenal sifat ikan beserta habitatnya.

Ikan guppy (Poecilia reticulata) adalah ikan hias yang hidup di air tawar yang mempunyai ciri khas pada bagian ekornya yang berwarna warni cerah. Ikan guppy sangat populer dan menghiasi akuarium diseluruh dunia.

Ikan guppy sangat mudah sekali untuk dibudidayakan sebab ia tak membutuhkan terlalu banyak perhatian, tempat, dan biaya. Bahkan kita dapat menemukan ikan guppy di selokan.

cara budidaya ikan guppy

Ikan guppy mempunyai ukuran 4 – 6 cm. Uniknya, ikan guppy tidak bertelur melainkan melahirkan. Untuk sekali kelahiran, induk ikan guppy dapat menghasilkan satu hingga dua ekor anakan ikan guppy.

Cara Budidaya Ikan Guppy

Setiap indukan dapat menghasilkan anak sebanyak 5 hingga 30 ekor. Jika anda tertarik cara budidaya ikan guppy, maka anda harus menyimak ulasan berikut ini:

Pemijahan Ikan Guppy

Sebelum pemijahan, pastikan anda sudah dapat membedakan jenis kelamin ikan guppy. Jenis ikan guppy dapat dibedakan dari anal-fin yang dimilikinya yang berada di bawah perut. Pada betina ukuran perut lebih besar, kepala runcing, dan pnjang maksimal 7 cm.

Sedangkan pejantan ukurannnya lebih panjang dan lebar dibandingkan betina, warnanya lebih cerah, punggung panjang, dan kepala berukuran lebih besar. Namun jika kesulitan Anda bisa membelinya dari toko yang jual ikan hias terdekat.

Pemijahan dimulai dari memilih ikan guppy yang sehat dan berkualitas dengan ciri mempunyai warna yang cerah, gesit, bebas hama dan penyakit, gemuk, berumur antara 4 – 6 bulan.

Perawatan Ikan Guppy

Tahap cara budidaya ikan guppy selanjutnya adalah ikan guppy harus diletakkan di tempat terbuka agar tidak cepat mati. Pastikan ikan mendapatkan sinar matahari agar warna ikan guppy dapat terbentuk.

Jangan lupa untuk meletakan dedaunan untuk tepat ikan guppy berteduh dari sinar matahari. Tanaman eceng gondok dan hydrilla sangat cocok digunakan.

Saat masih usia kurang dari 5 hari, ikan guppy dapat diberikan infusoria. Sedangkan jika usianya telah diatas 5 hari maka sudah dapat diberikan pakan kutu air dan udang renik.

Cara budidaya ikan guppy yang tak kalah penting adalah saat guppy telah mencapai usia 20 hari. Saat ini ikan telah dapat diberikan pakan berupa cacing sutra. Saat usia inilah ikan guppy telah dapat ditentukan jenis kelaminnya.

Cara Budidaya Ikan Guppy untuk Usaha yang Menghasilkan

Navigasi pos