3 Cara Mengatasi Stunting, Penting Untuk Diketahui OrangTua

3 Cara Mengatasi Stunting, Penting Untuk Diketahui OrangTua

Cara mengatasi stunting tidak hanya menjadi tanggung jawab bagi seorang perempuan yang akan hamil. Tetapi juga harus adanya dukungan dari keluarga dan masyarakat. Sebab kebutuhan gizi yang diperlukan untuk janin dapat berkembang secara optimal di kandungan dipengaruhi oleh kadar nutrisi  calon ibu.

Bagaimana Cara Mengatasi Stunting?

Terdapat banyak cara mengatasi stunting yang dapat dilakukan oleh keluarga sebagai pondasi masyarakat terkecil. Tentu ini memerlukan kerjasama antara orangtua serta mereka yang menjadi pendukung. Antara lain kakek dan nenek serta yang lainnya.

Rutin Melakukan Jadwal Pemeriksaan Kesehatan Anak

Cara mengatasi stunting yang pertama adalah orang tua wajib secara rutin dan terjadwal melakukan pemeriksaan kesehatan anak. Proses ini dapat dilakukan di 1000 hari pertama kehidupannya ketika melakukan vaksinasi wajib pada balita.

Dengan demikian pertumbuhan tinggi badannya dapat dikontrol oleh tenaga kesehatan yang dipercayai. Jika ditemukan indikasi adanya stunting, Tentu mereka dapat memberikan saran profesional untuk mengatasinya.

Anda juga bisa tidak hanya ke dokter,  tetapi juga ke bidan yang berada di sekitar lingkungan rumah. Atau bisa juga mengikuti program Posyandu yang diselenggarakan oleh Puskesmas yang bertanggung jawab terhadap daerah tersebut.

Karena biasanya Posyandu juga melakukan pengukuran tinggi badan serta berat badan seorang anak dan melakukan pencocokan pada standar idealnya. Kegiatan lainnya untuk memperbaiki serta meningkatkan gizi anak  adalah adanya tambahan makanan dalam bentuk bubur kacang hijau,  telur rebus, atau yang lainnya.

Dengan rajin mengikuti pemeriksaan kesehatan tersebut, tentu orangtua akan dapat langsung mengetahui bagaimana status perkembangan anak. Sehingga jika terdeteksi lebih awal akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Memberikan Asupan Gizi yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anak

Langkah kedua dalam memberikan asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan anak pada usianya. Jangan sampai karena alasan anak tidak menyukai menu tersebut atau tergolong picky eater, maka orang tua hanya menyajikan makanan yang itu-itu saja.

Terlebih lagi jika anak hanya menyukai makanan yang tergolong  junk food atau tidak bergizi. Jika perlu diberikan suplemen makanan untuk menunjang asupan gizinya. Tambahkan susu atau telur sebagai pelengkap.

Berolahraga Secara Teratur

Ajak anak untuk melakukan kegiatan aktivitas di luar ruangan secara teratur.  Dapat berupa olahraga sederhana yang dilakukan secara rutin. Antara lain berjalan keliling kompleks rumah atau bersepeda pada sore hari.

Demikian anak akan terbiasa untuk melatih gerak otot dan tulangnya. Jika dilakukan pada pagi hari tentu akan mendapatkan asupan vitamin D dari pancaran sinar matahari. Dalam jangka panjang ini akan membentuk tulang anak menjadi lebih baik dan padat.

Dengan dukungan banyak orang tentu cara mengatasi stunting akan jauh lebih mudah. Karena baik ibu dan anak akan mendapatkan asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhannya. Terutama pada saat janin berkembang di kandungan serta 1000 pertama kehidupannya.